Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD-MI Revisi

panduan penilaian kurikulum 2013 sd revisi 2018 panduan penilaian kurikulum 2013 revisi 2018 download panduan penilaian sd kurikulum 2013 revisi 2017 pdf download panduan penilaian sd kurikulum 2013 revisi 2018 pdf buku panduan penilaian k13 sd revisi 2018 panduan penilaian k13 sd revisi 2018 pdf panduan penilaian k13 sd revisi 2017 pdf panduan penilaian k13 revisi 2018
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD Perbaikan 2018. Pengelolaan Penilaian Jenjang SD/ MI merupakan faktor sangat krusial dalam peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah, sebab dia langsung membagikan umpan balik, sekalian membagikan arahan, pada proses pendidikan.

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD-MI Revisi

Penilaian yang dicoba cocok dengan kaidah serta prosedur yang benar, menampilkan konsistensi apakah pendidikan telah dicoba cocok tujuan ataupun kompetensi yang hendak dicapai. Dalam kaitan inilah, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pembelajaran Dasar serta Menengah, Departemen Pembelajaran serta Kebudayaan, melaksanakan bermacam upaya supaya para guru bagaikan pengguna dokumen ini bisa lebih menguasai metode melaksanakan penilaian pembelajaran di sekolah dasar.

Panduan penilaian K- 13 SD/ MI Perbaikan tahun 2018 ini diharapkan bisa mempermudah pendidik serta satuan pembelajaran dalam merancang, melakukan, serta memberi tahu dan menggunakan hasil penilaian baik aspek perilaku, aspek pengetahuan, ataupun aspek keahlian.

Penilaian dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:
  1. Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
  2. Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.
  3. Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.
  4. Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen  yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
  5. Terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
  6. Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek  kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
  7. Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.
  8. Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
  9. Akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

Informasi tentang teknik penilaian dan lain-lain, silahkan anda download dan baca Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SD Revisi melalui tautan di bawah ini;

Panduan Penilaian K13 SD-MI Revisi

Demikianlah Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI edisi Revisi 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Rate this article

Getting Info...

Posting Komentar

Copyright ©Latihan Soal - All rights reserved.

Redesign by protemplates
Persetujuan
Kami menggunakan cookie untuk mengoptimalkan pengalaman menjelajah Anda...
Selengkapnya