
RPP Kimia 1 Lembar SMA Semester 2 Revisi 2020
Kebutuhan RPP Semester 2 Tahun Pelajaran 2019-2020 menjadi sangat penting mengingat tak lama lagi akan masuk sekolah sehingga guru harus kembali menjalankan aktivitasnya.Dari tigabelas komponen menjadi tiga komponen merupakan penyederhanaan rpp berdasarkan surat resmi mendikbud nomor 14 tahun 2019.
Tapi sesuai judul posting , rpp yang saya bagikan ini khusus jenjang SMA mata pelajaran KIMIA. adapun untuk SD dan SMP sudah saya share di posting sebelumnya.
Contoh RPP 1 Lembar SMA
Bagi rekan-rekan guru SMA/SMK yang mencari referensi untuk membuat RPP format 1 lembar ala mendikbud, berikut kami bagikan contohnya.
Melalui model pembelajaran discovery learning, peserta didik dapat mampu menganalisis sifat larutan berdasarkan dayahantarlistriknya dan membedakan dayahantarlistrik berbagai larutan melalui perancangan dan pelaksanaan percobaan dengan mengembangkan nilai karakter berpikir kritis , kreatif (kemandirian), kerjasama (gotong royong) dan kejujuran (integritas) .
Pendahuluan
a. Guru memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai, dilanjutkan mengecek kehadiran peserta didik.
b. Guru memberiapersepsitentangsifat larutan
c. Guru menyampaikantujuan yang akandicapaiberkaitandengansifat larutan berdasarkan daya hantarnya dikaitkandenganmanfaatnyadalamkehidupansehari-hari;
d. Guru menyampaikangarisbesarcakupanmaterisifat larutan berdasarkan daya hantarnya.
e. Guru menyampaikan metode pembelajaran dan teknik penilaian yang akan digunakan saat membahas materi sifat larutan berdasarkan daya hantarnya
Kegiatan Inti
a. Guru memberikan stimulus berupa tayangan gambar/video orang sedang mencari ikan di sungai menggunakan arus listrik.
b. Peserta didik mengidentifikasi kejadian dalam video tersebut.
Pada kegiatan ini diharapkan muncul pertanyaan- pertanyaan kritis daripesertadidik/guru, antara lain:
1) Mengapa arus listriknya tidak mengenai ikan tetapi ikannya bis amati?
2) Apakah terdapat zat kimia dalama ir sungai tersebut?
3) Apakah ada pengaruh zat kimia tersebut sehingga bisa membuat ikan mati?
c. Peserta didik dengan teliti mencari dan mengumpulkan data/informasi tentang hubungan video tersebut dengan sifat larutan, melalui studi literatur;
d. Peserta didik melakukan percobaan uji daya hantar listrik beberapa larutan secara berkelompok;
e. Peserta didik diminta untuk melakukan pengumpulan data secara akurat mengenai gejala-gejala yang ditimbulkan oleh berbagai larutan yang diuji.
Kegiatan Penutup
a. Memfasilitasi peserta didik untuk mereview pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b. Melaksanakan penilaian untuk mengetahui ketercapaian indikator
c. Memberikan tugas kepada peserta didik berupa menelaah data yang diperoleh dari hasil percobaan tentang sifat larutan berdasarkan daya hantarnya
d. Berdoa bersama dan memberi salam
Penilaian
Untuk teknik penilaian bisa berupa teknik penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Link download
Format rpp 1 lembar 3 komponen untuk SMA/SMK dalam format word/doc silahkan download melalui tautan berikut ini (UNDUH FILE).